MASGUN KURNIAWAN GUNADI

23 | Writer and Designer | Muslim | Indonesian | ENTJ | Pencerita di Suaracerita | Forum Indonesia Muda #16 | Penulis Hujan Matahari

Bachelor of Industrial Design 2009, Faculty of Fine Art and Design, Institut Teknologi Bandung

Bandung, West Java | Indonesia
  • kurniawangunadi published a text post 1 year ago
    Tulisan : Laki-laki yang Menangis

    Menjadi orang di dewasa, hidup ditengah arus pikiran manusia yang seragam membuatku sering frustasi. Mengapa mau menjalani “hidup seperti apa kata orang”. Mengapa orang takut untuk menjadi diri sendiri dengan segala hal yang tidak sama dan dianggap tidak pada umumnya.

    Laki-laki yang menangis.

    Entah sejak kapan, laki-laki dinilai lemah-lembek ketika menangis. Ada beda yang besar antara lemah lembut (soft) dan lemah (weak). Hingga pada akhirnya, laki-laki dewasa menjadi kesulitan menangis. Bahkan cenderung mematikan kelembutanya demi dikatakan tegar.

    Aku sendiri bisa menangis ketika menyaksikan peristiwa dan kadang aku terpaksa menahan air mata sekuat tenaga karena aku malu menangis di depan orang lain. Aku tidak tahu sampai kapan aku bisa menghargai diri sendiri dan membiarkan perasaan terenyuh seperti itu lepas selepas-lepasnya.

    Kadang aku sendiri buru-buru mengusap air mata dalam keadaan terharu, aku tidak ingin seorang pun melihatku menangis.

    Dalam pikiran seperti ini, aku selalu rindu menjadi anak laki yang bisa menangis sewaktu-waktu. Tapi aku benci dibilang cengeng, mengapa anak laki-laki yang menangis harus diberikan label cengeng. Itu merusak kelembutan hatinya kelak, menjadi malu menangis dihadapan orang banyak

    Sampai-sampai aku tidak bisa menangis lagi menyaksikan tragedi, aku tidak bisa lagi menangis saat menyaksikan keterharuan, aku tidak bisa menangis saat menyaksikan tetangga dikuburkan.

    Seolah-olah perasaan lembut itu lenyap sebab rasa malu. Kini aku belajar kembali untuk mengembalikan sisi kelembutan itu, bukankah dalam diriku ini ada sisi kewanitaan berupa kelembutan yang dibawa oleh kromosom XX milik ibu, sisi yang seringkali dimatikan oleh laki-laki itu sendiri demi menonjolkan kromosom XY.

    Ada kelembutan pada laki-laki yang harus dikembalikan, ketegaran tidak berkaitan dengan menangis. Nabi agung Muhammad sendiri seorang laki-laki yang mudah menangis, sahabat-sahabtnya pun demikian ketika menyaksikan peristiwa yang mengarukan, ketika ayat turun yang memilukan atau menyedihkan.

    Aku tidak tahu kapan terakhir kali menangis dan aku merindukan perasaan itu.

    Bandung, 17 Juli 2013


    Lalu, apa pendapatmu mengenai laki-laki yang menangis?

    Show the 73 notes
    1. sherloct reblogged this from kurniawangunadi
    2. yappadoodle reblogged this from kurniawangunadi
    3. twistmefun answered: Sekali aku melihatnya menangis, karena perbuatanku, aku ikut hancur bersama air matanya…
    4. arinaactually reblogged this from kurniawangunadi
    5. listyayuu answered: dia ada di puncak ketegarannya :)
    6. cambrianzone answered: Tak semua lelaki itu kuat ,pasti ada sisi lembutnya
    7. fahmialfatih answered: laki-laki yang menangis menandakan hatinya lembut :D
    8. marisasugangga answered: Llaki-laki menangis engga lemah menurutku. Menangis itu manusiawi :) Tmn deketku laki2 terkadang nangis soalnya kangen Ibunya di rantau :)
    9. dijebuck reblogged this from kurniawangunadi
    10. anisranasyarifah reblogged this from kurniawangunadi
    11. ifoundpeaceintherain answered: kalau begitu, menangislah. tidak perlu dengarkan pendapat orang masgun :D
    12. baruzamc reblogged this from kurniawangunadi and added:
      Lalu, apa pendapatmu mengenai laki-laki yang menangis?
    13. derisarsh answered: sangat suka dengan tulisan anda.anda masih kuliah di bandung?salam kenal.saya juga kuliah di bandung :)
    14. itstwentyfive answered: laki2 yg menangis.. aku selalu luluh melihat laki2 yg menangis. menurutku ketika ia menangis berarti ia sungguh2 akan suatu hal, mungkin..
    15. siwininurhanifah answered: g salah, asal jgn dikit2 nagis aja. Pria yang nahan tangis itu keren karena dia terlihat kuat, tp Pria yg nagis ketika berdoa, itu jg seksi.
    16. taqiya-aufa answered: lelaki itu ku anggap lebih peka daripada lelaki umumnya~
    17. al-ardhiana answered: sekitar 3 tahun lalu, aku belajar bahwa tak masalah bagi seorang laki2 u menangis jika itu satu langkah menuju perbaikan dirinya
    18. aktiandary answered: tidak masalah bila seorang laki-laki menangis untuk hal-hal yang sepantasnya menjadikan perasaan soft itu muncul. seperti menangis ingat ibu
    19. bungateluki answered: SWEET. manusia sering menganggap menagis itu lemah, tp sy fikir itu tandanya kamu ada perasaan.
    20. iradwijayanti reblogged this from kurniawangunadi
    21. helenluminerv answered: laki-laki juga manusia toh?! it’s ok.
    22. rizzaayu said: Benar, menangis itu tanda lembut dan pekanya hati. Kadang, pada saat kita mudah menangis, itulah saat kita merasakan titik puncak keimanan kita. Jd tdk ada salahnya laki2 menangis. Dan benar, rasulullah & shahabat sering juga menangis.. :)
    23. yrkbook reblogged this from kurniawangunadi
    24. rafikahasna reblogged this from kurniawangunadi and added:
      (Silahkan klik tautan di atas untuk membaca tulisan selengkapnya) menarik sekali. Dan ya memang seringkali para lelaki...
    25. greenndyshe answered: Laki-laki yang menangis karena hal-hal yang memang pantas membuat hati itu romantis :’)
    26. rewinnita said: laki-laki menangis itu normal kok. Laki-laki kan juga manusia, punya stok air mata juga. :)
    27. nabelaisyalala reblogged this from kurniawangunadi
    28. nabelaisyalala answered: kalau tangisan lelaki yang berlebihan atau lebay bagaimana?
    29. chroniclemind answered: nggak apa-apa, saya sering liat ayah nangis abis sholat tahajjud
    30. mengejakata reblogged this from kurniawangunadi and added:
      Wajar jika laki-laki menangis :)
    31. ratihandayani answered: Ibn Qayim pun berkata demikian.. Do the cry is for the weak? Mungkin hatinya sudah sekeras batu, tertutupi rasa malu.
    32. izzaazahroh reblogged this from kurniawangunadi
    33. izzaazahroh answered: menarik, karena terlihat lembut hatinya
    34. katup-udara answered: Laki-laki menangis, menurut saya, itu adalah momentum terberat ketika perasaannya benar2 sedih ataupun bahagia. Beda sama perempuan :D
    35. riskasusan reblogged this from kurniawangunadi and added:
      Sering mikirin ini. Kenapa? Ketika pria dewasa menemukan hal yang patut untuk ditangisi, ingin menangis, menangis saja....
    36. dalamcerita answered: Kalau ada laki-laki yang sampai menangis, apalagi laki-laki yang selalu terlihat tegar, berarti ada momen yg bener2 gak bisa dia tahan…